Kamis, 20 Juni 2013




Setiap manusia yang dilahirkan pasti akan menangis dalam hidupnya,baik itu pada saat ia masih balita ataupun hingga dewasanya. Meski yang tampak dimasyarakat saat ini,perempuan lebih sering terlihat menangis dibandingkan laki-laki,dan masyarakat memiliki persepsi bahwa perempuan lebih emosional dan mencurahkan rasanya tersebut dengan melepaskan air mata dan  menangis.  
Tak menutup kemungkinan pula bila laki-laki terlihat menangis,bisa jadi dengan menangis  ia dapat melepaskan rasa emosional yang sedang dirasanya. Menangis merupakan salah satu bentuk emosional dari setiap manusia,jadi tak harus merasa malu bila kita terlihat ingin menangis karena nyatanya menangis itu bisa menjadi salah satu terapi bagi kesehatan kita.
Jika merasa malu untuk menangis,sepertinya kita perlu memikir ulang kembali. Karena menurut para ahli,menangis tidak hanya respon tubuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi tetapi juga sehat. Menangis adalah cara untuk mengurangi rasa stres emosional. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan,karena stress bisa menghasilkan dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Selain itu menurut hasil penelitian,air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif melawan stres.
Kita telah mengetahui salah satu manfaat menangis dalam kesehatan. Masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh airmata diantaranya,meningkatkan kepercayaan diri. Karena apabila telah menangis mood seseorang tersebut dapat terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis 24% protein Albumin yang berguna untuk yang berguna untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh.
Ditambah lagi menangis juga membantu memperjelas penglihatan. Keluarnya airmata pada saat proses menangis,akan membuat membran mata menjadi basah dengan basahnya membran mata maka akan membuat penglihatan kita lebih jelas. Bisa saja kita buktikan dalam keseharian,bila setelah usai menangis anda akan merasakan penglihatan anda lebh terlihat jelas.
Sudah memperjelas penglihatan,menangis juga mampu menyehatkan hidung seseorang. Hidung menjadi salah satu indera tubuh yang penting dalam pernapasan. Bila seseorang telah mengalami Sinusitis,yaitu penyakit radang sinus dapat melakukan terapi ringan dengan menangis.
Selain menjadi salah satu terapi kesehatan secara individual,menangis juga merupakan kebiasaan yang unik dimiliki oleh manusia. Jika dikatakan perempuan lebih sering terlihat menangis dibandingkan laki-laki memang benar,maka perempuan dalam setahun mampu menangis hingga 47 kali dan laki-laki dalam setahunnya mampu menangis sebanyak 7 kali. Hal ini bukan karena perempuan dianggap lebih emosional,melainkan menurut medis dikarenakan saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada perempuan.
Sedangkan pada bayi,durasi normal menangis mereka antara 1-3 jam seharinya. Selain itu,manusia biasanya menghabiskan waktu rata-rata 6 menit setiap menangisnya  untuk meluapkan emosi, meski terkadang mampu hingga berjam-jam.
Setelah menangis tak jarang pula seseorang merasakan iritasi pada wajah maupun mata. Terkadang mata yang terlihat bengkak akibat terlalu lama menangis,wajah yang terlihat kusut dan sebagainya. Anda dapat melakukan beberapa hal di bwah ini sebagai pencegahan iritasi setelah menangis meski iritasi yang ditimbulkan tidak berbahaya. Diantaranya :
1.      Konsumsi air putih
Pastikan anda meminum air putih dengan cukup agar tidak mengalami dehidrasi usai menangis.
2.      Mentimun
Untuk menghilangkan sisa airmata,ada dapat membasuh muka dengan air dingi kemudian letakkan potongan timun pada kedua mata anda selama kurang lebih 10 menit.
3.      Teh celup
Seduh teh celup dengan air panas,kemudian angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak dan tutup dengan kain selama 10-15 menit.

Tambahan bagi perempuan,agar tampil lebih cantik dan segar anda dapat memberikan sentuhan make up tipis di sekitar mata. Semoga setelah emosi dikeluarkan anda juga dapat terlihat tetap segar meski usai menangis. (Lailanisa/Kom II F)

Ceritanya Nisa . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates