Rabu, 05 April 2017






Mungkin untuk pejalan yang travelling di dalam negeri tidak terlalu merasa kesusahan dengan makanan,budaya, bahasa dan lingkungan sekitar. Berbeda halnya dengan pejalan yang travelling keluar negeri, apalagi ke negara yang minoritas muslim. Meskipun negara-negara di asia tenggara (ASEAN) agama islam menjadi agama atau kepercayaan di rata-rata negara, namun tetap saja hal-hal sepele seperti mencari makanan halal, tanda waktu shalat akan sulit untuk pejalan temukan.

Bila biasanya, kami melakukan perjalanan ke Malaysia maka kali ini kami mencari rute travelling lain dengan mengunjungi negara Thailand. Meskipun tidak semua negara kami jamahi, namun dengan total delapan hari perjalanan telah membuat rasa haus dan penasaran kami pada Thailand terjawab sudah. Nah berikut beberapa tips dan trik dari kami untuk pejalan yang berencana melakukan perjalanan ke negara yang minoritas muslim :
  
                        1) Sebelum hari keberangkatan
·         Persiapkan keperluan ibadah kita.
Terkhusus bagi perempuan seperti halnya kami, pejalan mesti membawa mukena dan sajadah sendiri. Karena kita akan cukup sulit menemukan masjid atau mushalla. Ada baiknya pejalan juga membawa al-qur’an tapi apabila pejalan memiliki aplikasi al-qur’an di ponsel juga lebih baik.
·       Pejalan juga harus memiliki waktu shalat di ponsel, ini bisa kita unggah melalui google apps.
Pada saat di Bangkok, saya menggunakan aplikasi qur’an android maka di situ juga terdapat waktu penanda shalat. Ini cukup memudahkan pejalan untuk mengetahui waktu shalat karena kita akan sarang jarang mendengar panggilan adzan.
·         Persiapkan bekal makanan.
Untuk berjaga-jaga akan lebih baik kalau pejalan membawa bekal makanan sedari rumah. Pejalan cukup membawa makanan yang ringan-ringan dan tidak memenuhi muatan koper pejalan, seperti sambal kentang kering, pecal kering, terasi. Tapi apabila dirasa cukup menyulitkan, maka pejalan bisa hanya membawa sambal kentang kentang kering dan ini akan sangat membantu pejalan dalam hal pengisian kampung tengah.
Sedikit membuka cerita, pribadi saat perjalanan kemarin kami serta membawa rendang daging dalam perjalanan kali ini. Tak dapat jauh dari kampung halaman maka serta merta kami membawa rendang spesial buatan Mak Kujai :D.
·         Pejalan juga bisa membawa botol minum sendiri.
Kalau saya pribadi setiap melakukan perjalanan, saya selalu membawa botol minum sendiri. Meskipun saat ditempat tujuan pejalan membeli air mineral namun pejalan bisa menyalin ke botol minum milik pribadi agar lebih aman.


2) Selama liburan
Setelah beberapa persiapan sebelum keberangkatan pejalan persiapkan, maka inilah saatnya segala perlengkapan itu kita gunakan.
·     Saat tiba di negara tujuan, apabila pejalan sulit menemukan tempat untuk melaksanakan shalat maka pejalan bisa tetap menunaikan shalat di penginapan. Namun pastikan juga, kamar tempat kita menginap bersih untuk kita melakukan ibadah. Untuk perihal arah shalat, pejalan bisa menemukan kiblat shalat dengan bantuan kompas dan aplikasi kiblat. Karena jarang sekali penginapan-penginapan kelas menengah ke bawah yang menyediakan arah kiblat. Dalam perjalanan kita mendapatkan keringanan untuk menjamak ataupun menqashar shalat kita. Islam itu tidak menyulitkan bukan ??
·    Untuk hal makanan, cobalah cari rumah makan yang bertuliskan bismillah ataupun salam karena itu menandakan makanan yang mereka sediakan halal dan bisa kita nikmati.
Namun apabila pejalan ragu, pejalan bisa membeli nasi di Seven Eleven seharga 15 Bath dan makanlah dengan lauk perbekalan yang telah kita persiapkan.
Thailand terkhusus Bangkok, terkenal dengan jajanan pasarnya. Maka pejalan juga bisa menikmati jajanan pasar pinggir jalan yang sangat banyak dengan melihat tanda-tanda yang sayang katakan tadi. Seperti halnya saya suka kalap setiap membeli jajanan pasar di sana.
pinjem gambar temen yang ngetrip ke Bangkok juga :D 
dan ingat !! lihat-lihat dulu ya kondisi gerobak jajannya ada tulisan halal atau gak :D 


·      Jangan takut untuk bertanya di sekitar untuk menemukan lokasi makan yang halal. Tapi pejalan juga tidak salah untuk mencicipi beragam jajan yang berada di Sevel.
    Untuk sekedar informasi, saat berkunjung ke Bangkok kami menginap di sekitaran Jalan Thanon Tani, nah di sekitaran jalan itu cukup banyak makanan halal yang dapat pejalan temukan. Ditambah di Thanon Tani juga terdapat rumah makan kecil khas melayu bahkan makanan indonesia seperti bakso,miso juga ada. Nah di depan rumah makan juga ada gerobak jajanan yang dijual oleh muslim thai yang sangat enak dan recommended untuk pejalan datangi. 10 Bath setiap tusuknya jajanan pasar yang dijual, penjual juga ramah mesti mungkin pejalan akan sedikit kesulitan dalam bahasa. 
·         Dan satu lagi, pejalan yang sampai terlewatkan untuk mencicipi mango sticky rice dan Thaitea. Ditambah beragam buahan segar yang dijamin membuat pejalan yang vegetarian ataupun sedang diet puas makan. Kalau favorit saya mangga muda, jambu dan nanas maka buah favorit Kujai adalah mangga mateng. 

Selamat berpetualang dan selamat mencicipi beragam makanan di Thailand
Jangan malu bertanya, tapi kalau malu bertanya kita juga jadi jalan-jalan. 

Ceritanya Nisa . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates